Jarum Bedah

Jarum bedah disebut juga jarum hecting (suture needles atau surgical needles) digunakan untuk menjahit luka umumnya luka operasi. Pada umumnya terbuat dari bahan logam stainless steel. Biasanya jarum-jarum bedah dijual tersendiri, lepas dari benang bedahnya. Tapi sekarang banyak dijual jarum-jarum bedah berikut benangnya dalam kemasan satu-satu. Jarum yang demikian disebut atroumatic needle, karena tidak menimbulkan trauma, sebab benang tersebut langsung dijepit ke dalam ujung jarum yang satunya lagi. Klasifikasi yang harus diperhatikan dalam pemilihan jarum bedah antara lain adalah jarum yang digunakan agar berperan aktif dalam penyembuhan luka dan tidak merubah atau merusak jaringan tubuh. Bentuk, ukuran, dan rancangan jarum dipilih yang sesuai dengan prosedur operasi. 

Bentuk jarum bedah

Saat ini bentuk jarum bedah yang digunakan oleh sebagian besar orang adalah jenis atraumatik yang terdiri atas sebuah lubang pada ujungnya yang merupakan tempat insersi benang. Benang akan mengikuti jalur jarum bedah tanpa menimbulkan kerusakan jaringan (trauma). Pada jarum bedah model lama memiliki mata dan loop pada benangnya sehingga dapat menimbulkan trauma. Jarum bedah memiliki bagian dasar yang sama, meskipun bentuknya beragam. Setiap bagian memiliki ujung, yakni bagian body dan bagian lubang tempat insersi benang. Sebagian besar jarum bedah berbentuk kurva dengan ukuran ¼, 5/8, ½ dan 3/8 lingkaran. Hal ini menyebabkan jarum bedah memiliki range untuk bertemu dengan jahitan lainnya yang dibutuhkan. Ada juga bentuk needle yang lurus namun jarang digunakan pada bedah minor. Jarum bedah yang berbentuk setengah lingkaran datar digunakan untuk memudahkan penggunaannya dengan needle holder.

Struktur atau Bagian-bagian dari Jarum Bedah

Bagian – bagian dari jarum bedah, terdiri atas ujung jarum (point of needle), badan / Batang (body / shat needle), dan mata jarum (eye needle). Ujung jarum bedah memiliki beberapa bentuk, yaitu diantaranya adalah :
  1. Ujung jarum bedah yang disebut Taper. Ujung jarum taper dengan batang bulat atau empat persegi cocok digunakan untuk menjahit daerah aponeurosis, otot, saraf, peritoneum, pembuluh darah, katup
  2. Ujung jarum bedah yang disebut Blunt. Blunt point dan batang gepeng cocok digunakan untuk menjahit daerah usus besar, ginjal, limpa, hati
  3. Ujung jarum bedah yang disebut Triangular. Ujung segitiga dengan batang gepeng atau empat persegi. Bisa dipakai untuk menjahit daerah kulit, fascia, ligament, dan tendon.
  4. Ujung jarum bedah yang disebut Tapercut. Ujung jarum berbentuk segitiga yang lebih kecil dengan batang gepeng, bisa digunakan untuk menjahit fascia, ligaments, uterus, rongga mulut, dan sebagainya.

Jarum hedah harus cukup rigid sehingga memungkinkan untuk dapat menembus jaringan tanpa menjadi bengkok, diameter yang cukup tanpa menyebabkan kerusakan jaringan sekitar, setipis mungkin sehingga tidak menyebabkan kebocoran. Ujung jarum bedah harus tajam untuk dapat menembus jaringan dengan baik dan ukuran yang cukup besar sehingga dapat membawa benang tanpa ikut membawa jaringan sekitarnya. Kriteria umum yang harus dimiliki oleh jarum bedah antara lain mengandung bahan anti karat (stainless steel), kuat untuk menembus jaringan, ramping hingga tidak menimbulkan trauma pada jaringan, dan tajam.

Pada jarum bedah yang standar terdapat beberapa bagian yaitu:
  1. Bagian jarum bedah yang disebut Needle point, yaitu ujung needle yang relatif lebih tajam dan memiliki diameter terkecil dibandingkan semua bagian needle.
  2. Bagian jarum bedah yang disebut Swage, yaitu pangkal needle yang memiliki pegangan berupa lubang atau celah untuk benang
  3. Bagian jarum bedah yang disebut Cord length, yaitu jarak antara swage dan needle point dengan mengikuti lengkung lingkar luar needle.
  4. Bagian jarum bedah yang disebut Radius, yaitu jarak antara pusat kelengkungan needle dengan needle itu sendiri
  5. Bagian jarum bedah yang disebut Needle diameter, yaitu ketebalan needle pada setiap bagian.

  


Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber :

  • alkeskelompoka.blogspot.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :