Nald Vooder / Needle Holder

Pengetahuan penjahitan luka diperlukan dalam ilmu bedah, karena pembedahan membuat luka sayatan dan dengan penjahitan dapat menyatukan kembali jaringan yang terputus serta meningkatkan proses penyambungan dan penyembuhan jaringan dan juga mencegah luka terbuka yang akan mengakibatkan masuknya mikroorganisme atau infeksi. Alat seperti nald vooder atau needle holder  diperlukan dalam kegiatan pembedahan ini. Material penjahitan yang berkualitas adalah yang memenuhi syarat-syarat tertentu, yaitu:
  • Kenyamanan untuk digunakan atau dipegang 
  • Pengamanan yang cukup pada setiap alat
  • Harus selalu steril
  • Bukan terbuat dari bahan yang reaktif
  • Kekuatan yang cukup untuk penyembuhan luka
  • Kemampuan untuk biodegradasi kimia untuk mencegah perusakan dari benda asing


 Nald vooder atau needle holder 14 cm

  Needle holder Instrumen pemegang jarum

 Nald vooder atau needle holder 20 cm

Pemegang jarum, Nald vooder, needle holder, atau nald hecting

Salah satu alat yang sangan diperlukan oleh dokter maupun bidan dalam penjahitan luka adalah nald vooder yang biasa disebut juga sebagai pemegang jarum, needle holder, ataupun nald hecting. Sesuai dengan namanya alat ini memiliki fungsi untuk memegang jarum jahit dan penyimpul benang saat proses penjahitan. Bilah nald vooder ini sangat kokoh, pendek dan lebar untuk dapat memegang jarum. Nald vooder ini dilengkapi dengan pengunci, sehingga operator tidak perlu terlalu mengeluarkan banyak tenaga. Jenis yang digunakan bervariasi, yaitu tipe Crille wood (bentuknya seperti klem) dan tipe Mathew kusten (bentuk segitiga). Secara keseluruhan antara needle holder dan klem arteri berbentuk sama. Handled dan ujung jepitannya bisa berbentuk lurus maupun bengkok. Namun, yang paling penting adalah perbedaan pada struktur jepitannya. Struktur jepitan needle holder berbentuk berbentuk criss-cross di permukaannya dan memiliki ukuran handled yang lebih panjang dari jepitannya, untuk tahanan yang kuat dalam menggenggam needle. Oleh karena itu, jangan menggenggam jaringan dengan nald vooder karena akan menyebabkan kerusakan jaringan secara serius.

Teknik Menggunakan Nald Vooder

Cara penggunaan nald vooder seperti cara membuka dan menutup sama seperti klem arteri yaitu tekan alat (handled nald vooder) pada bagian pangkal (sama halnya memegang gunting) untuk membuka nald vooder tersebut. Jepitkan jarumnya pada ujungnya nald vooder, kemudian tekan kembali bagian pangkalnya untuk menutup/supaya terkunci. Saat membuka ataupun mengunci handled anda harus sedikit menekannya dengan sedikit kuat. Needle digenggam pada jarak 2/3 dari ujung berlubang needle, dan berada pada ujung jepitan nald vooder. Hal ini akan memudahkan tusukan jaringan pada saat jahitan dilakukan. Selain itu, pemegangan needle pada area dekat dengan engsel needle holder akan menyebabkan needle menekuk. Kemudian, belokkan needle sedikit ke arah depan pada jepitan instrumen karenaakan disesuaikan dengan arah alami tangan ketika insersi dilakukan dan tangan akan terasa lebih nyaman. Kegagalan membelokkan needle ini juga akan menyebabkan needle menekuk. 

Menggunakan nald vooder dalam teknik menjahit adalah dengan menjaga jari manis dan ibu jari untuk mnetap pada lubang handle saat menjahit dilakukan yang membatasi pergeratan tangan dan lengan. Pegang nald vooder dengan telapak tangan akan memberikan pengontrolan yang lebih baik. Secara konstan, jangan mengeluarkan jari dari lubang handled karena dapat merusak ritme menjahit. Pertimbangkankan menggunakan ibu jari pada lubang handled yang menetap, namun manipulasi lubang lainnya dengan jarimanis dan kelingking. Nald vooder yang beredar dipasaran umumnya terbuat dari bahan stainless steel, sehingga dapat digunakan berulang melalui proses sterilisasi terlebih dahulu. Selalu cek kesiapan maupun kelayakan alat sebelum melakukan tindakan penjahitan karena, keberhasilan tindakan tergantung dari bagaimana petugas kesehatan menyiapkan alat untuk mecapai keberhasilan tindakan.



Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber :
  • wikipedia.org 
  • herrysetyayudha.wordpress.com 




Terima kasih untuk Like/comment FB :