Peralatan Bedah

Dalam pembedahan sering diperlukan alat medis atau peralatan pembantu yang harus masuk ke daerah sekitar lapangan pembedahan. Alat-alat ini harus mengalami desinfeksi terlebih dahulu sebelum dibawa ke kawasan pembedahan. Alat yang akan langsung dipakai untuk pembedahan dan bersinggungan dengan lapangan pembedahan harus disterilkan dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Alat-alat bedah ini harus tetap berada dalam daerah ruang pembedahan agar tidak terjadi infeksi silang, dan pada setiap akhir dari pembedahan, harus selalu didesinfeksi atau disterilkan segera setelah dipakai dan sesuai dengan pemakaiannya. 

Alat yang bergerak bebas keluar masuk karena harus dipakai bersama dibatasi hanya sampai daerah di luar kawasan kain steril, yaitu sekitar meja bedah dan di tempat ahli anastesi bekerja. 
Peralatan bedah adalah alat-alat yang dirancang untuk digunakan pada kegiatan pembedahan. Dari semua peralatan bedah yang dibutuhkan untuk suatu tindakan pembedahan, yang paling terpenting adalah peralatan bedah yang steril dan benang. Masing-masing dari peralatan tersebut memiliki fungsi tersendiri.


Peralatan bedah minor (Minorset)

Peralatan Bedah Minor

Peralatan bedah minor adalah alat-alat yang dirancang untuk digunakan pada kegiatan bedah minor. Kegiatannya hanya terbatas pada pembedahan minorsaja, alatnya sederhana dan mudah untuk dimiliki setiap orang. Alat-alat tersebut digabung pada suatu wadah dan disebut sebagai minor surgery set. Pada minor surgery set ini berisi klem lurus sebanyak 2 buah, klem bengkok sebanyak 2 buah, pinset anatomis sebanyak 1 buah, pinset jaringan sebanyak 1 buah, gunting ta/tu lurus sebanyak 1 buah, gunting ta/tu bengkok sebanyak 1 buah, needle holder sebanyak 1 buah, gagang pisau sebanyak 1 buah, pisau bedah sebanyak 1 buah, sarung tangan sebanyak 1 pasang, silk atau plain catgut sebanyak 1 buah, needle hecting sebanyak 1 lusin, dan bak stainless sebanyak 1 buah.

Jenis-Jenis Peralatan Bedah Minor

  • Peralatan Bedah Minor : Pisau Bedah

Pisau bedah merupakan peralatan bedah terbaik untuk memotong jaringan. Mata pisau yang tajam memungkinkan untuk memisahkan jaringan dengan trauma sekecil mungkin terhadap jaringan sekitarnya. Bentuk mata pisau sangat bervariasi di mana bentuk mempunyai kegunaannya tersendiri. Yang dipakai untuk pembedahan umum berukuran atau nomor A#10, untuk pembedahan minor ataupun kosmetik dipakai yang berukuran atau nomor A#15. Scalpel harus dipegang sedemikian rupa sehingga mudah dikendalikan dan pada saat yang sama, dapat digerakkan dengan leluasa. Tangkai scalpel dipegang antara ibu jari dan jari ketiga dan keempat, sedangkan jari telunjuk diletakkan di punggung pisau sebagai kendali.

  • Peralatan Bedah Minor : Gunting

Gunting merupakan peralatan bedah yang sering digunakan untuk memotong jaringan. Gunting juga digunakan untuk memotong benang dan balutan luka. Gunting jaringan biasanya lebih ringan, terbuat dari baja yang lebih baik, dan mempunyai sisi pemotong yang runcing dan ujungnya lebih halus daripada gunting benang. Biasanya hanya bagian distal dari mata gunting yang digunakan untuk memotong.

  • Peralatan Bedah Minor : Pinset

Pinset merupakan peralatan bedah yang terdiri dari pinset anatomis (thumb forceps) dan pinset jaringan (tissue forceps). Pinset anatomis terdiri dari dua bilah logam yang bersatu pada salah satu ujungnya dan digunakan untuk mengangkat jaringan atau memegang jaringan di antara permukaan yang berhadapan. Jika pada permukaannya terdapat gerigi (teeth), pinset dapat memegang jaringan tanpa tergelincir dan tanpa menggunakan tekanan yang berlebihan. Pinset dipegang di antara ibu jari, jari tengah dan jari telunjuk. Sedangkan pinset jaringan (tissue forceps) dilengkapi dengan gerigi agar tidak tergelincir. Karena geriginya dapat menggigit jaringan, maka hanya diperlukan sedikit tekanan untuk memegang jaringan dengan kuat. Bentuk spesifik dari kepala pinset tergantung dari tujuan khusus yang diharapkan. Jenis pinset anatomis dapat digunakan untuk memegang sebagian besar jaringan tapi tidak pernah digunakan untuk viskus yang berongga atau pembuluh darah.

  • Peralatan Bedah Minor : Pemegang Jarum (Needle Holder)

Semua alat pemegang jarum mempunyai kepala yang lebar dengan berbagai macam bentuk gerigi pada kepalanya. Alat ini merupakan peralatan bedah yang dipasang pada kurang lebih seperempat panjang jarum dari ujung tumpulnya. Biasanya jarum menonjol pada sisi kiri dari alat pemegang jarum untuk ahli bedah yang tidak kidal.

  • Peralatan Bedah Minor : Benang (Catgut)

Benang merupakan peralatan bedah yang memiliki dua tipe, yaitu benang yang dapat menyatu dengan kulit dan benang yang tidak dapat menyatu dengan kulit. Benang yang dapat menyatu dibuat dari usus kucing (Catgut), digunakan pada luka yang dalam dan untuk kegunaan kosmetik. Benang yang tidak dapat menyatu dengan kulit digunakan untuk menjahit luka yang tidak terlalu dalam. Pada benang yang tidak dapat menyatu dengan kulit dilakukan pelepasan benang setelah luka kering dan ini akan menimbulkan bekas pada kulit atau disebut dengan jaringan parut.



Oleh :  Bidan Rina Widyawati
Sumber :
  • wikipedia.org




Terima kasih untuk Like/comment FB :