Vena Seksi

Vena seksi merupakan suatu tindakan yang bertujuan untuk  mendapatkan akses vena dengan cara pembedahan yang dilakukan jika akses vena perifer sulit karena kollaps pembuluh darah perifer (misalnya karena syok, dehidrasi) atau karena thrombosis vena perifer setelah penusukan berulang atau diperlukan akses yang lebih besar daripada vena perifer. Vena seksi juga dapat dilakukan bila vena punksi sulit dilakukan misalnya pada orang gemuk, bayi, atau bila semua tempat telah habis terpakai vena punksi.

Kegunaan dari dilakukannya vena seksi ini adalah sebagai akses intravena. Misalnya seperti pada tindakan transfusi, infus, pemberian nutrisi parenteral, terapi parenteral, dan diagnostik. Tempat utama atau yang cocok untuk di lakukannya vena seksi adalah vena seksi perifer seperti vena saphena magna yang berada di pergelangan kaki, yang berlokasi kurang lebih 2 cm di depan dan diatas malleolus medialis. Selain ituterdapat tempat lain yang cocok untuk dilakukannya vena seksi yaitu pada vena basilica yang berlokasi kurang lebih 2,5 cm lateral dari epicondylus medialais humeri atau dengan ukuran 2-3 cm diatas dan medial dari epicondylus lateralis di lipatan fleksi siku.


Alat bedah minor (minor set)


Alat-alat yang digunakan dalam tindakan vena seksi adalah alat dan bahan yang perlu di sediakan sama dengan bedah minor lainnya. Namun ada tambahan alat dan bahan dalam melakukan vena seksi yaitu venocath (selang kateter vena) atau abocath (needle vein catheter) yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran vena yang akan dilakukan vena seksi.

Teknik Operasi Vena Seksi

Teknik operasi vena seksi ini terbagi menjadi dua yaitu teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath dan teknik operasi vena seksi dengan menggunakan abocath. Teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Langkah pertama dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah memposisikan pasien dalam keadaan posisi terlentang, apabila pasiennya adalah anak-anak maka tangannya perlu untuk di pegang.
  2. Langkah kedua dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah melakukan tindakan aseptik dan antiseptik pada area yang akan di lakukan vena seksi.
  3. Langkah ketiga dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah mengidentifikasi lokasi vena saphen magna pada mata kaki. Vena berlokasi pada titik 2 cm anterior dan superior dari malleolus medialis.
  4. Langkah keempat dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah melakukan infiltrasi lidokain 1% pada kulit dengan area seluas 1 inch sekitar vena yang diincar.
  5. Langkah kelima dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah elakukan insisi kulit transverse sepanjang 1,5-2 cm sampai subkutan
  6. Langkah keenam dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah melakukan diseksi tumpul dengan menggunakan klem pean bengkok.
  7. Langkah ketujuh dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah mengdentifikasi vena saphena magna 
  8. Langkah kedelapan dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah vena dibebaskan dengan jaringan sekitarnya dengan klem sampai sekitar 3 cm (vena “telanjang”)
  9. Langkah kesembilan dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah meluksir vena dari dasarnya dengan klem, kembali bebaskan dasar sepanjang 3 cm.
  10. Langkah kesepuluh dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah memasukan klem kebawah vena dan pasang benang silk 3-0  di distal dan proksimal
  11. Langkah kesebelas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah daerahh vena yang distal diikat dengan silk 3-0, sisakan benang sampai panjang.
  12. Langkah kedua belas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah vena sedikit ditarik, lalu dibuat incisi pada aspek anterior dengan bisturi no 11.
  13. Langkah ketiga belas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah memasukan venocath dengan bantuan pinset 3-5 cm.
  14. Langkah keempat belas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah mengaspirasi dari ujung venocath untuk meyakinkan tidak ada tahanan dan sekaligus menarik agar tidak ada udara dalam venocath
  15. Langkah kelima belas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah memasukan cairan infus melalui canul di ujung venocath.
  16. Langkah keenam belas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah Jika lancar, ikatkan benang dibagian proksimal untuk memfiksasi venocath, hati-hati jangan terlalu kuat hingga lumen venocath tertutup 
  17. Langkah ketujuh belas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah luka dijahit dengan silk 3-0.
  18. Langkah kedelapan belas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah memfiksasi venocath dengan plester dibeberapa tempat.
  19. Langkah kesembilan belas dari teknik operasi vena seksi dengan menggunakan selang venocath ialah menutup luka dengan hypafix atau dermafilm.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • bedahminor.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :