Bedah Minor Adalah Tindakan Medis

Bedah minor adalah suatu tindakan operasi ringan dengan menggunakan anestesi yang bersifat lokal. Anestesi lokal dilakukan dengan menggunakan obat lidocain 1%. Anestesi lokal dalam bedah minor adalah satu kesatuan tindakan yang harus dilakukan. Cara melakukan anestesi lokal dalam bedah minor adalah dengan memasukkan lidocain dalam spuit sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan lidocain yang digunakan disesuaikan dengan luasnya luka yang akan dibuat. Kemudian barulah memasukkan lidocain tersebut ke dalam jaringan yang akan dilakukan pembedahan melalui perantara spuit. Pastikan lidocain tersebut masuk ke dalam jaringan kulit dan otot serta cegah agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah dengan cara melakukan aspirasi terlebih dahulu sebelum menyuntikkan lidocain.

Informasi harga dan pembelian ALAT BEDAH MINOR klik disini

bedah minor adalah
Minor set untuk tindakan bedah minor


Peralatan Bedah Minor Adalah Alat Medis

Peralatan bedah minor adalah seperangkat peralatan yang di design khusus untuk digunakan dalam tindakan pembedahan yang bersifat minor. Tindakan yang dilakukan bedah minor adalah tindakan operasi kecil yang dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan yang sederhana. Alat-alat tersebut bersifat sederhana dan dapat dimiliki oleh siapa saja seperti tenaga paramedis, tenaga medis dan lain-lain. Peralatan bedah minor adalah minor surgery set. Dalam satu wadah peralatan bedah minor adalah terdapat klem lurus, klem bengkok, pinset anatomis, pinset jaringan gunting TA/TU lurus, gunting TA/TU bengkok, needle holder, gagang pisau, pisau bedah, sarung tangan, silk atau plain catgut, needle hecting, dan bak stainless. Peralatan bedah minor tersebut berjumlah 2 buah klem lurus,2 buah klem bengkok, 1 buah pinset anatomis, 1 buah pinset jaringan gunting TA/TU lurus, 1 buah gunting TA/TU bengkok, 1 buah needle holder, 1 buah gagang pisau, pisau bedah, 1 buah sarung tangan, 1 buah silk atau plain catgut, 1 buah needle hecting, dan 1 buah bak stainless.

Peralatan bedah minor yang berupa pisau bedah digunakan untuk memotong jaringan. Pisau ini sangat cocok sekali untuk dijadikan alat sebagai pemotong jaringan dikarenakan pada pisau ini terdapat mata pisau yang tajam yang dapat memotong jaringan dengan trauma sekecil mungkin pada jaringan disekitarnya. Mata pisau pada pisau bedah ini memiliki bentuk yang bermacam ragam. Setiap bentuk mata pisau bedah tersebut memiliki kegunaan tersendiri. Biasanya hal ini bergantung dengan tujuan pembedahan yang dilakukan. Pada pembedahan umum digunakan pisau bedah dengan ukuran A#10. Pada pembedahan minor yang bertujuan untuk kosmetik digunakan pisau bedah dengan ukuran A#15.

Pisau bedah ini harus digunakan satu paket dengan pegangannya. Pegangan dari pisau bedah disebut dengan scapel. Scapel harus dipegang dengan seksama agar dapat digunakan dan digerakkan dengan leluasa. Cara memegang peganagan pisau bedah atau scapel ini ialah dengan cara ditempatkan antara ibu jari dan jari ketiga dan keempat. Untuk jari telunjuk dapat ditempatkan di bagian punggung pisau sebagai pengendali scapel.

Peralatan lainnya dari bedah minor adalah gunting. Gunting juga memiliki fungsi yang sama dengan pisau yaitu sebagai alat pemotong jaringan. Namun gunting juga digunakan untuk memotong selain jaringan seperti memotong benang dan balutan luka. Gunting dalam bedah minor itu sendiri terdiri dari gunting bedah, gunting benang, gunting perban, dan lain-lain. Setiap gunting ini memiliki bentuk dan fungsi yang sedikit berbeda. Gunting bedah sering disebut juga dengan gunting mayo memiliki bentuk mata gunting yang lururs atau melengkung. Gunting bedah selain gunting mayo terdapat juga gunting metzenbaum. Gunting ini memiliki ukuran yang lebih panjang dan paling sering digunakan bagiannya dengan lengkungan yang halus di ujungnya. Selain gunting bedah, terdapat gunting benang yang digunakan untuk memotong benang. Gunting benang ini memiliki ujung gunting yang tumpul. Sedangkan gunting perban digunakan untuk memotong perban. Gunting ini memiliki ciri mata pisau datar dan ujung yang tumpul.



Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • sumber-alkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :