Gunting Jaringan

Gunting jaringan ialah salah satu instrumen yang sering digunakan dalam tindakan bedah minor. Gunting jaringan ini disebut juga dengan gunting bedah. Alat ini terdiri dari dua bentuk yang berbeda. Bentuk pertama dari alat ini ialah gunting dengan ujung yang tumpul, dan bentuk kedua dari alat ini ialah gunting dengan ujung yang bengkok. Dari kedua bentuk gunting jaringan ini tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Pada gunting dengan ujung yang tumpul digunakan untuk membentuk bidang jaringan atau jaringan yang lembut atau juga dapat digunakan sebagai pemotong secara tajam. Sedangkan pada gunting dengan ujung yang bengkok biasanya digunakan untuk memotong objek pada tindakan pembedahan lipoma atau kista.

Gunting jaringan merupakan bagian dari alkes. Alkes merupakan singkatan dari alat kesehatan. Alkes ini mempunyai makna sebagai alat yang dipergunakan dalam menunjang kesehatan seseorang. alat kesehatan ini dapat berupa alat untuk perawatan kesehatan, maupun alat untuk diagnosti dan terapi terhadap suatu penyakit. Alkes ini terdiri dari alat kesehatan habis pakai atau yang digunakan hanya satu kali dan tidak bisa digunakan lagi serta alkes untuk perawatan pasien di rumah atau peralatan home care.


Gunting jaringan tajam - tumpul


Gunting jaringan atau gunting bedah ini pada umumnya terbuat dari bahan yang tahan karat atau bahan stainless steel. Bahan stainless steel ini merupakan bahan anti karat sehingga pada alat tersebut dapat dipergunakan kembali secara berulang dengan melakukan proses sterilisasi terlebih dahulu. Namun sebenarnya pada prinsipnya untuk menggunakan gunting jaringan ini harus dalam keadaan steril. Karena setiap tindakan pembedahan yang dilakukan pun harus dalam keadaan steril. Alat kesehatan tidak hanya berupa peralatan tetapi dapat juga mengandung obat obat yang tidak mencapai kerja utama pada atau dalam tubuh manusia melalui porses farmakologi, imunologi, atau metabolisme tetapi dapat membantu fungsi yang diinginkan dari alat kesehatan dengan cara tersebut. Tujuan dari penggunaan alat kesehatan ini memiliki beberapa tujuan. Masing-masing tujuan tersebut dapat diaplikasikan sendiri-sendiri ataupun berkombinasi sesuai dengan fungsi yang diciptakan oleh produsen pada alat tersebut.

Cara melakukan sterilisasi pada gunting jaringan ini ialah sama dengan alat-alat lain yang terbuat dari bahan anti karat atau stainless steel. Setelah gunting jaringan ini digunakan, lakukan proses dekontaminasi dengan cara merendam alat tersebut ke dalam larutan klorin dengan konsentrasi 0,5% selama 10 menit. Kemudian setelah 10 menit, cuci alat tersebut dengan menggunakan air sabun lalu bilas dengan menggunakan air mengalir bersih. Setelah itu biarkan alat tersebut mengering. Setelah mengering, masukan alat tersebut ke dalam sterilisator untuk melakukan sterilisasi.

Cara Menggunakan Gunting Jaringan

Cara menggunakan gunting untuk jaringan atau gunting bedah pada umumnya sama dengan menggunakan gunting lainnya. Cara menggunakan gunting jaringan ini dilakukan dengan mengusuri area yang digunting dengan menentukan batas pengguntingan terlebih dahulu. Batas pengguntingan biasanya diambil dari batas lesi yang ada pada jringan tersebut. Sangat dianjurkan apabila melakukan pengguntingan jangan melebihi batas lesi karena dapat menyebabkan kerusakan.

Selain dapat digunakan untuk menggunting jaringan, gunting untuk jaringan atau gunting bedah juga dapat digunakan untuk menggunting bagian-bagian dari alat tubuh yang digunakan sebagai sampel pemeriksaan. Seperti pada bagian usus, pembuluh darah, jantung dan organ lainnya. Biasanya gunting untuk jaringan atau gunting bedah ini digunakan sebagai pembuka pertama pada bagian tubuh yang akan dilakukan pemeriksaan.



Oleh : Bidan RIna Widyawati
Sumber :
  • experianzadoctor.blogspot.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :