Vena Seksi Adalah Tindakan Medis

Vena seksi adalah bagian dari prosedur yang digunakan dalam tindakan pembedahan yang bersifat gawat darurat agar dapat mendapatkan akses pada pembuluh darah vena dengan tujuan melakukan resusitasi pada pasien yang mengalami syok hipovolemik. Syok itu sendiri dapat terjadi pada pasien sebagai akibat dari adanya ketidaknormalan terhadap sistem peredaran darah yang dapat membuat terjadinya perfusi organ dan oksigenasi dari jaringan yang tidak cukup. Syok terdiri dari bermacam-macam jenis, diantaranya ialah syok hipovolemik. Syok hipovolemik dapat terjadi oleh karena adanya perdarahan atau pun karena bukan perdarahan.

Tujuan dilakukannya vena seksi adalah untuk mendapatkan jalan atau akses terhadap vena yang dilakukan dengan tindakan pembedahan. Vena seksi adalah tindakan yang dilakukan bila jalan terhadap vena perifer tidak dapat ditemukan karena vena tersebut mengalami kollaps. Kollapsnya pembuluh darah dapat disebabkan oleh karena adanya syok, dehidrasi, atau thrombosis vena perifer akibat penusukan secara berulang. Sehingga diperlukan akses selain dari vena perifer.



Vena seksi adalah tindakan yang dilakukan apabila vena punksi tidak dapat dilakukan misalnya pada bayi, pada orang dengan obesitas, dan pada semua tempat yang tekah terpakai oleh vena punksi. Vena seksi adalah tindakan untuk mendapatkan akses pada intra vena untuk melakukan infus, transfusi, terapi parenteral, nutrisi parenteral, ataupun diagnostik. Tempat pertama dan utama yang biasanya digunakan untuk melakukan vena seksi adalah vena saphena magna. Vena saphena magna ini berada pada pergelangan kaki tepatnya berada pada kurang lebih 2 cm di depan dan berada diatas malleolus medialis. Tempat kedua untuk melakukan vena seksi adalah pada vena basilica. Vena basilica ini terletak pada kurang lebih 2,5 cm tepatnya ada di lateral dari epicondylus medialis humeri. Atau dengan kata lain vena basilica terletak pada 2 sampai 3 cm berada diatas dan medial dari epicondylus lateralis pada lipatan bagian siku yang menekuk.

Peralatan Vena Seksi Adalah Peralatan Bedah Minor

Peralatan vena seksi adalah peralatan bedah minor namun ditambahkan dengan venocath atau selang kateter vena. Apabila tidak ada venocath maka dapat digantikan dengan abbocath atau needle vein catheter. Venocath atau abbocath dapat disesuaikan dengan ukuran vena pada pasien yang melakukan vena seksi. Komplikasi vena seksi adalah dapat terjadi selulitis, hematom, robekan syaraf atau arteri, dan tromboflebitis.

Cara melakukan vena seksi adalah sama halnya seperti melakukan pembedahan minor. Bila kita menggunakan selang venocath maka langkah pertama yang kita lakukan ialah memposisikan pasien pada posisi terlentang. Setelah itu lakukan tindakan aseptik dan antiseptik. Kemudian kita mencari lokasi dari vena saphena magna yang berada pada kaki. Kemudian kita melakukan anestesi lokal dengan menyuntikkan lidocain pada vena yang diinginkan dengan luas sekitar 1 inchi. Setelah itu kita lakukan tindakan insisi transverse dengan jarak 1,5 cm sampai 2 cm sampai kepada lapisan subkutis. Lakukan pengguntingan jaringan dnegan menggunakan klem pean bengkok. setelah itu cari lagi vena sphena magna.

Setelah ditemukan vena saphena magna, langkah vena seksi adalah membebaskan vena dari jaringan dengan menggunakan klem. Bebaskan vena sepanjang 3 cm dengan menggunakan klem. Klem dimasukkan ke bagian bawah vena kemudian pasang benang silk yang berukuran 3-0 pada bagian distal dan proksimal. Pada vena di bagian distal dilakukan pengikatan dengan menggunakan benang silk berukuran nomer 3-0. Kemudian tarik vena dan buat insisi dengan menggunakan bisturi no 11. Setelah itu venocath dimasukkan dengan menggunakan pinset sepanjang 3 sampai 5 cm. Lakukan penyedotan dari ujung venocath dan menariknya untuk memastikan bahwa tidak ada udara. Kemudian masukan cairan infus melalui venocath.




Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • bedahminor.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :