Benang Chromic

Benang chromic ialah bagian dari benang ctgut yaitu benang yang dapat diserap oleh kulit atau jaringan. Benang chromic ini terbuat dari bahan alami yang dapat diserap oleh kulit atau jaringan. Selain terbuat dari bahan alami, benang chromic juga terbuat dari kromium. Adanya kromium ini membuat penyerapan benang ini lebih lama dibandingkan dengan benang plain catgut. Benang ini memiliki berbagai ukuran seperti benang nomor 3/0 dan benang nomor 2/0. Apabila dilihat dari penomoran benang, benang normor 2/0 memiliki ukuran diameter benang lebih besar dibandingkan dengan benang yang bernomor 3/0.

Biasanya ukuran benang ditulis dengan 2/0, 3/0, dan seterusnya. Dari penomoran ukuran benang ini dapat disimpulkan bahwa benang dengan penomoran yang semakin besar akan memiliki ketebalan yang semakin kecil. Biasanya ukuran benang 6/0 merupakan ukuran benang yang memiliki diameter paling halus dan memiliki ketebalam seperti rambut. Biasanya benang dengan ukuran 6/0 digunakan dalam penjahitan pada bagian wajah dan pada anak-anak. Dan bebang dengan ukuran nomor 3/0 merupakan benang yang paling sering digunakan dalam tindakan bedah minor. Biasanya digunakan pada bagian kulit yang keras seperti bahu. Benang dengan ukuran nomor 4/0 juga sering digunakan dalam tindakan penjahitan ataupun bedah minor. Benang dengan ukuran nomor 4/0 ni menjadi benang dengan ukuran pertengahan yang paling sering digunakan dalam tindakan penjahitan luka.


Benang Chromic Catgut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa benang chromic termasuk salah satu jenis dari benang catgut. Benang catgut itu sendiri pada dasarnya terdiri dari benang catgut chromic dan benang catgut plain. Keduanya terbuat dari bahan alami seperti usus sapi atau usus domba. Namun pada benang chromic dicampur dengan bahan kromium sehingga membuat benang ini memiliki waktu penyerapan yang lebih lama dibandingkan dengan benang catgut plain. Benang chromic catgut memiliki waktu penyerapan kurang lebih selama 28 hari, sedangkan benang plain catgut memiliki waktu penyerapan antara 7 sampai dengan 10 hari. Kedua jenis benang catgut ini akan menhasilkan reaksi jaringan apabila digunakan dalam tindakan penjahitan luka. Namun, pada benang yang dapat diserap namun tidak terbuat dari bahan alami akan menimbulkan sedikit reaksi jaringan apabila digunakan dalam tindkaan penjahitan luka.

Benang chromic catgut dikemas dalam kemasan steril. Kemasan steril ini berfungsi agar benang chromic catgut sellau dalam keadaan steril sebelum digunakan. Benang ini juga terdapat sediaan yang sudah dipasangkan bersama dengan jarum jahitnya. Dalam kemasan tersebut terdapat berbagai keterangan tentang benang yang akan digunakan dalam tindakan penjahitan. Pada setiap kemasan dari benang ini terdiiri dari dua bagian yaitu bagian luar dan bagan dalam. Pada bagian luar merupakan bagian yang terbuat dari kertas kuat yang menempel pada cover transparan. Sedangkan bagian dalam merupakan cover transparan yang berisikan benang dan basah pada salah satu sisinya yang berguna untuk pengawet benang tersebut. Selain itu basahan ini juga dapat mempermudah untuk memisahkan kertas.

Benang ini dapat digunakan langsung untuk penjahitan bila sudah terdapat jarum di dalam kemasannya. Namun bila terdapat jarum dalam kemasan benang tersebut, maka dapat menggunakan jarum steril secara terpisah. Apabila dalam kemasan benang tersebut terdapat jarumnya, maka dapat dikatakan bahwa jarum tersebut merupakan jarum sekali pakai atau disposible. Namun bila jarum dan benangnya terpisah, maka jarum dapat digunakan kembali dengan cara dilakukan sterilisasi terlebih dahulu.




Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • Buku Kumpulan Kuliah Ilmu Bedah
  • wikipedia.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :