Bisturi Adalah Alat Bedah

Bisturi adalah bagian dari scalpel. Bisturi adalah mata pisau yang digunakan untuk melakukan pembedahan atau memotong jaringan. Bisturi adalah mata pisau dengan ketaaman dan ukuran tertentu. Biasanya bisaturi ini terpisah dengan gagangnya. Sehingga sebelum menggunakannya perlu dipasangkan terlebih dahulu dengan gagangnya. Jangan memasang ataupun melepaskan bisturi dari gagangnya dengan menggunakan tangan langsung walaupun tangan tersebut telah dikenakan sarung tangan. Karena hal ini bila dilakukan dapat berbahaya dan dapat melukai tangan.

Memasangkan ataupun melepas bisturi dari gagangnya dilakukan dengan menggunakan bantuan alat lain yang bernama needle holder, nald voeder atau pemegang jarum. Cara memasang bisturi adalah dengan memegang bisturi tersebut dengan menggunakan needle holder kemudian masukkan bisturi ke dalam gagangnya sampai berbunyi klik. Adanya bunyi klik memastikan kita bahwa bisturi sudah terpasang dengan kuat pada gagangnya. Cara melepaskannya pun sama dengan menggunakan needle holder. Caranya yaitu dengan memegang bisturi dengan needle holder kemudian lepaskan bisturi dari gagangnya lalu buang bisturi ke dalam tempat sampah tajam. Bisturi ini bersifat disposible artinya hanya sekali pakai sehingga setelah digunakan, bisturi tersebut dibuang.



Bisturi Adalah Pisau Bedah

Bisturi adalah pisau bedah yang digunakan bersamaan dengan gagangnya. Bisturi ini memiliki beberapa ukuran. Mata pisaunya yang tajam dapat dengan mudah memotong jaringan dengan luka atau trauma seminimal mungkun pada jaringan yang ada di sekitar jaringan yang di insisi. Bisturi adalah mata pisau yang tajam. Oleh karena mata pisaunya yang tajam tersebut memiliki berbagai ukuran yang disesuaikan dengan tujuan dari pembedahan yang dilakukan. Misalnya saja pada pembedahan yang bersifat umum selalu menggunakan bisturi yang bernomor A#10. Dan dalam tindakan bedah minor sendiri biasanya menggunakan bisturi atau mata pisau yang bernomor A#15.

Bisturi adalah bagian dari peralatan dari bedah minor yang terkemas dalam satu set yang disebut dengan minor surgery set. Minor surgery set tersebut terdapat peralatan bisturi selain bisturi terdapat juga perlatan bedah minor lainnya seperti klem lurus, klem bengkok, gunting tajam /tumpul lurus, gunting tajam/tumpul bengkok, pinset anatomis, pinset sirurgis, nald voeder, scalpel handle, sarung tangan, benang catgut atau benang silk, jarum jahit, dan bak instrumen.

Bisturi adalah alat yang digunakan sebagai pisau pemotong jaringan. Bisturi ini bersifat steril. Walaupun digunakan hanya satu kali pakai, bisturi ini harus bersifat steril karena digunakan untuk memotong atau menginsisi jaringan. Bisturi memiliki ujung yang sangat tajam sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk menginsisi atau meootng jaringan. Cara menggunakan bisturi ini cukup mudah. Yaitu dengan dipasangkan pada gagangnya kemudian dipegang dengan menggunakan tangan yang dominan agar dapat mengontrol pemotongan jaringan dengan seksama.

Bisturi yang terpisah dengan gagangnya terlebih dahulu dihubungkan dengan gagangnya dengan menggunakan bantuan needle holder. Needle holder memegang bisturi lalu menghubungkannya dengan gagang dari bisturi tersebut. Masukkan bisturi pada gagang hingga berbunyi klik. Adanya bunyi klik menandakan bahwa bisturi telah terhubung dan terkunci pada gagangnya. Barulah setelah itu bisturi dapat digunakan untuk memotong atau menginsisi jaringan. Setelah bisturi digunakan, kita harus memisahkan bisturi tersebut dari gagangnya untuk dibuang. Sedangkan gagangnya dapat digunakan kembali dengan di sterilkan terlebih dahulu sebelumnya. Cara melepaskan bisturi dari gagangnya pun harus menggunakan bantuan needle holder. Needle holder memegang bisturi kemudian melapaskan bisturi tersebut dari gagangnya. Bisturi yang telah digunakan dapat diguang pada tempat sampah tajam.




Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • sumber-alkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :