Harga Bisturi

Harga bisturi yang dijual di setiap toko alat-alat kesehatan bervariasi. Harga bisturi dipatok dengan harga antara Rp 60.000 sampai dengan Rp 80.000, untuk setiap kemasan per box nya. Harga bisturi akan berbeda lagi apabila dijual dalam kemasan satuan atau eceran. Biasanya bisturi bila dijual dalam kemasan satuan akan dijual dengan harga Rp 1.000,-. Maka dari itu sebaiknya apabila ingin membeli bisturi sebaiknya dibeli dalam kemasan per box agar harga bisturi tersebut tergolong relatif murah dibandingkan dengan harga eceran.


harga bisturi
Bisturi blade / pisau bedah


Harga Bisturi di Toko Alkes

Harga bisturi di toko alkes pada periode bulan Pebruari tahun 2016 ini dijual dengan harga Rp 60.000,- per box. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Namun bila dibandingkan dengan toko-toko alat kesehatan lainnya yang menjual bisturi, harga bisturi di toko alkes tergolong murah dan dapat dijangkau oleh semua praktisi kesehatan. Bisturi atau mata pisau ini biasa digunakan dalam tindakan pembedahan seperti bedah minor ataupun tindakan pembekaman yang bersifat basah atau bekam basah.

Harga bisturi yag dibandrol juga bergantung pada ukuran ataupun merk bisturi tersebut. Harga bisturi yang di bandrol Rp 60.000,- per box di toko alkes merupakan bisturi dari merk onemed. Setiap box berisikan bisturi sebanyak 100 buah. Jelaslah pembelian bisturi dalam kemasan per box lebih murah dibandingkan dengan pembelian bisturi dalam kemasan satuan. Coba kita hitung saja apabila kita membeli bisturi dalam satu box, maka harga satuan dari bisturi tersebut ialah Rp 600,-. Harga bisturi ini tergolong murah dari pada membelinya satuan yaitu dengan harga Rp 1.000,-.

Selain itu apabila kita membelinya satu box, kita tidak perlu khawatir bila alat bisturi tersebut kadaluarsa. Karena masa kadaluarsa dari bisturi tergolong panjang, yaitu dengan masa kadaluarsa 5 tahun dari tanggal produksi alat bisturi tersebut.

Bisturi di design dengan berbagai ukuran yang disesuaikan dengan tjuan dari tindakan pembedahan yang dilakukan. Misalnya untuk tindakan pembedahan yang dilakukan dengan tujuan untuk kosmetik atau bedah kosmetik maka dapat menggunakan bisturi dengan ukuran A#15. Sedangkan untuk pembedahan yang bersifat umum atau bedah umum maka dapat menggunakan bisturi dengan ukuran A#10.

Bisturi terpisah dari gagangnya. Maka sebelum menggunakan bisturi ini harus dihubungkan dengan gagangnya. Hati-hati untuk memegang bisturi ini karena akan menyebabkan trauma, maka dari itu peganglah bisturi dengan menggunakan alat bantu berupa needle holder atau nald voeder. Ingat, bisturi dapat menimbulkan trauma, maka dari itu bisturi tidak boleh dipegang dengan menggunakan tangan sekalipun tangan tersebut telah dilindungi oleh handscoon atau saring tangan.

Cara menghubungkan bisturi pada gagangnya cukup mudah apabila dilakukan dengan benar dan hati-hati. Cukup memegang bisturi dengan menggunakan needle holder atau nald voeder kemudian hubungkan pada gagangnya dengan memasukkan gagang pada lubang bisturi sampai terdengan bunyi klik. Adanya bunyi klik saat pemasangan bisturi pada gagangnya menandakan bahwa bisturi telah terkunci dan terhubung pada gagangnya. Begitu juga dengan melepas bisturi dari gagangnya. Dikarenakan bisturi ini biasanya hanya digunakan untuk sekali pakai saja. Maka bisturi yang telah digunakan harus dilepaskan dari gagangnya. Cara melepaskannya pun harus menggunakan alat bantu needle holder. Pegang bisturi dengan needle holder kemudian lepaskan bisturi dari gagangnya. Setelah itu bisturi dapat dibuang pada tempat sampah tajam. Sedangkan gagangnya dapat digunakan kembali dengan sebelumnya di sterilkan terlebih dahulu.

Catatan : Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis, namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terkini bisa dilihat di tokoalkes.com atau hubungi - Telp/SMS/WA: 081 12 2345 05 | 0822 144 623 86




Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • sumber-alkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :