Harga Minor Set

Harga minor set yang ditawarkan oleh setiap toko yang menjual alat-alat kesehatan akan berbeda-beda. Biasanya hal ini bergantung pada merk, dan kelengkapan isi paket minor set yang tersedia di setiap toko alat-alat kesehatan tersebut. Harga minor set ini cukup bervariasi. Namun kisaran harga dari minor set ini ialah antara 300 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah. Harga minor set juga dar tahun ke tahun akan mengalami kenaikan. Hal ini berlaku bukan hanya pada harga minor set saja tapi pada semua harga alat-alat kesehatan.

Minor set merupakan seperangkat peralatan yang digunakan untuk tindakan bedah minor. Tindakan bedah minor ialah suatu tindakan yang dilakukan dengan melakukan suatu pembedahan kecil. Pembedahan kecil ini dilakukan sebagai upaya untuk melakukan diagnosa ataupun digunakan untuk memberikan terapi atau pengobatan. Dalam melakukan pembedahan ini diperlukan suatu peralatan untuk membedah. Peralatan bedah minor ini disebut juga dengan minor set.



harga minor set
Minor set (hecting set)

Minor set digunakan untuk melakukan pembedahan minor seperti khitan, pemasangan implan dan lain sebagainya. Namun untuk pemasangan implan diperlukan suatu alat yang bernama trokar. Fungsi dari trokar ini ialah sebagai alat bantu untuk memasukkan batang implan. Batang implan dimasukkan ke dalam lapisan bawah kulit.

Harga Minor Set di Toko Alkes

Harga minor set di toko alkes tergolong murah karena berada di kisaran kurang dari 300 ribu rupiah atau lebih tepatnya harga minor set di toko alkes pada periode bulan Januari 2016 ialah 290 ribu rupiah. Harga minor set yang di tawarkan oleh toko alkes tersebut bila dibandingkan dnegan toko alat kesehatan lainnya tergolong murah. Dikatakan murah bukan berarti murahan, harga dari minor set yang ditawarkan merupakan harga minor set dari merk Renz. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa merk Renz merupakan salah satu merk alat kesehatan yang baik.

Harga dari minor set tersebut sudah termasuk bak instrumen dengan ukuran SH 509 sebanyak 1 buah. Selain terdapat bak insrumen, di dalam minor set tersebut juga terdapat pinset anatomis dengan panjang 14 cm sebanyak 1 buah, pinset sirirgis dengan panjangn 14 cm sebanyak 1 buah, gunting jaringan tajam/tumpul dengan panjang 14 cm sebanyak 1 buah, gunting jaringan tajam/tajam dengan panjang 14 cm sebanyak 1 buah, jarum hecting 1 set dengan isi 12 buah, needle holder dengan panjang 14 cm sebanyak 1 buah, mosquito bengkok sebanyak 1 buah, mosquito lurus sebanyak 1 buah, kocher bengkok dengan panjang 14 cm sebanyak 1 buah, kocher lurus dengan panjang 14 cm sebanyak 1 buah, scapel handle sebanyak 1 buah, pisau bedah atau bisturi sebanyak 1 buah, benang operasi catgut plain sebanyak 1 sachet, benang operasi catgut chromic sebanyak 1 sachet, benang operasi silk sebanyak 1 sachet dan sarung tangan non steril satu pasang. Bila kita membelinya tidak satu set, maka harga minor set akan terbilang mahal. Maka dari itu lebih baik kita membelinya dalam satu set.

Sebelum menggunakan minor set, terlebih dahulu semua peralatan di sterilkan. Baru setelah di sterilkan, peralatan tersebut dapat digunakan. Ingat, dalam melakukan tindakan bedah minor, semua peralatan harus dalam keadaan steril. Tidak cukup bersih saja. Maka dari itu lakukanlah pensterilan alat sebelum menggunakan alat tersebut untuk tindakan bedah minor.

Catatan : harga diatas benar saat artikel ini ditulis, namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terbaru dapat dilihat di www.tokoalkes.com atau hubungi Telp/SMS/WA: 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05 BBM: 2AB98F9C




Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :