Harga Pinset Anatomis

Harga pinset anatomis yang ditawarkan oleh setiap toko alat-alat kesehatan akan berbeda-beda. Harga pinset anatomis bila dibeli satuan berkisar antara 20 ribu rupiah sampai dengan 30 ribu rupiah. Ada juga yang menjual pinset anatomis dengan harga dibawah 20 ribu rupiah. Namun sebenarnya perbedaan harga tersebut tidak mempengaruhi kualitas dari pinset anatomis. Yang membedakannya ialah merk dari pinset anatomis tersebut. Pinset anatomis ini memiiki bentuk dengan ujungnya tidak bergerigi. Pinset anatomis ini berguna untuk menjepit jaringan. Pinset anatomis ini biasa digunakan untuk menjepit jaringan. Pada penjahitan perineum pinset ini digunakan untuk memegang jaringan dan memegang needle.



Fungsi dan Harga Pinset Anatomis

Harga pinset anatomis cukup terjangkau. Harga dari pinset anatomis ini cukup terjangkau apabila kita membelinya di toko alkes Bandung. Fungsi dari pinset anatomis itu sendiri sebagai alat pemegang objek lainnya. Ukuran panjang dari pinset anatomis bervariasi dimulai dari pinset yang berukuran pendek dan pinset yang berukuran panjang. Pinset yang berukuran pendek yang biasanya tersedia berukuran 14 cm sedangkan yang panjang lebih dari 14 cm.

Harga pinset anatomis yang berukuran panjang 14 cm di jual dengan harga 13 ribu rupiah di toko alkes Bandung. Harga terseut dapat dikatakan sebagai harga yang murah bila dibandingkan dengan harga pinset anatomis yang ada ditoko lain di sekitar Bandung. Pinset anatomis itu sendiri menjadi bagian dari peralatan bedah minor. Bedah minor itu sendiri merupakan suatu tindakan pembedahan dalam area kecil yang bertujuan untuk diagnosis maupun terapi terhadapt suatu penyakit.

Pinset anatomis merupakan salah satu jenis dari pinset. Selain pinset anatomis terdapat pinset lain yaitu pinset sirurgis. Keduanya memiliki perbedaan terutama dalam bentuk ujung dari pinset. Pada pinset antomis, ujung pinsetnya berbentuk ukung tumpul halus. Sedangkan pada pinset sirurgis memiliki bentuk ujung yang bergerigi.

Pinset anatomis banyak digunakan untuk mengenggam objek berupa jaringan atau benda. Cara menggunakan pinset anatomis ini cukup mudah hanya dengan menggunakan ibu jari dan dua atau tiga jari lainnya dalam satu tangan. Menggenggam pinset sedemikian rupa akan menghasilkan tekanan pegas bia jari tersebut diarahkan pada arah yang berlawanan. Sehingga pada akhirnya akan menimbulkan kemampuan berupa menggenggam. Pinset anatomis ini dapat menggenggang objek dengan cepat dan mudah. Selain itu alat ini juga dapat digunakan untuk memindahkan dan mengeluarkan jaringan tentunya dengan tekanan yang diberikan. Tekanan yang diberikan disesuaikan dengan keinginan untuk menghasilkan kekuatan genggaman.

Pinset anatomis juga sering dilibatkan dalam tindakan penjahitan luka. Disana pinset anatomis ini berperan sebagai pemindah dan pengeluar jaringan serta membentuk pola jahitan tanpa mengikutsertakan jari. Selain dapat digunakan untuk memegang jaringan, ternyata pinset anatomis ini juga dapat digunakan untuk memegang benda lainnya yaitu seperti kassa. Kassa dalam tindakan bedah minor biasanya digunakan untuk membersihkan area yang terkontaminasi, dan menghentikan perdarahan.

Pinset anatomis juga dapat digunakan untuk memisahkan jaringan yang satu dengan jaringan yang lainnya. Selain itu pinset ini juga sangat mudah untuk digunakan. Pinset ini terbuat dari bahan stainless steel. Sehingga bila sudah digunakan dapat digunakan kembali tentunya dengan cara disterilkan terlebih dahulu. Selain di sterilkan, pinset ini juga dapat di DTT atau desinfeksi tingkat tinggi. sebelum melakukan DTT ataupun sterilisasi, pastikan bahwa pinset tersebut telah di dekontaminasi dan di cuci bilas terlebih dahulu. Baru kemudian lakukan proses sterilisasi atau DTT.

Catatan : Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terbaru silahkan hubungi Telp / SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05 BBM : 2AB98F9C atau kunjungi www.tokoalkes.com.



Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • fungsialat.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :