Harga Scalpel

Harga scalpel yang ditawarkan oleh setiap toko alat kesehatan akan berbeda-beda. Harga scalpel juga bergantung pada jenis merk scalpel itu sendiri. Ada juga yang menjual scalpel secara terpisah. Artinya antara bisturi dan gagangnya di jual terpisah. Ada pula yang menjual bisturi dan gagangnya dalam satu paket menjadi satu harga scalpel. Scalpel disebut juga dengan pisau bedah karena fungsi dari alat ini seperti pisau yaitu untuk memotong atau menginsisi jaringan.

Jaringan yang di insisi dengan menggunakan scalpel akan menghasilkan insisi yang sesuai dengan yang diinginkan asalkan penggunaan scalpel tersebut digunakan dengan benar. Scalpel ini terdapat yang menjadi satu bagian ada juga yang menjadi dua bagian. Scalpel pada zaman dahulu merupakan satu bagian dari pisau bedah, namun pada masa sekarang ini scalpel terdiri dari dua bagian yaitu bagian pisau atau mata pisau yang disebut dengan bisturi, dan bagian dari pegangan pisau atau gagang bisturi.

Informasi harga dan pembelian scalpel blade klik disini

harga scalpel
Scalpel blade / bisturi holder (gagang pisau bedah)


Pada scalpel yang dapat terpisah dengan gagangnya, pisau atau bisturi yang digunakan hanya dapat dipakai untuk satu kali pemakaian saja. Sehingga untuk mata pisau atau bisturi ini setelah digunakan langsung dibuang pada tempat sampah tajam. Sedangkan untuk gagangnya masih dapat digunakan kembali dengan cara di sterilkan terlebih dahulu.

Pemakaian mata pisau atau bisturi yang digunakan hanya sekali, mempunyai tujuan agar dapat menghindari terjadinya infeksi yang diakibatkan dari pemakaian alat secara berulang. Selain itu pemakaian mata pisau atau bisturi satu kali ini juga menghindari agar scalpel yang digunakan tidak tumpul. Tentunya menggunakan pisau scalpel yang tumpul akan menimbulkan beberapa hambatan terutama dalam tindakan pembedahan.

Scalpel yang terpisah antara bisturi dengan gagangnya sebelum digunakan kita pasangkan terlebih dahulu bisturi pada gagangnya. Dalam melakukan pemasangan bisturi pada gagangnya memerlukan bantuan alat lain yang bernama needle holder. Needle holder ini dapat membantu pemasangan bisturi pada scalpel. Needle holder memegang bisturi dengan tekni sedemikian rupa kemudian bisturi dimasukkan kedalam lobang untuk menghubungkan bisturi dengan gagangnya. Masukkan bisturi dalam gagangnya hingga terdengar bunyi klik. Adanya bunyi klik tersebut menandakan bahwa bisturi telah terpasang erat dengan gagangnya.

Harga Scalpel (Bisturi dan Gagangnya)

Harga scalpel pada umumnya dijual dengan harga Rp 10.000,- sampai dengan 20.000,- untuk satu paket scalpel yang berisi bisturi dengan gagangnya. Sedangkan harga scalpel apabila dijual secara terpisah tentunya akan lebih sedikit mahal dibandingkan dengan kita membelinya dalam satu paket. Untuk harga bisturi atau mata pisau dijual dengan harga Rp 60.000,- per box yang berisikan 100 mata pisau atau bisturi, sedangkan untuk gagangnya dijual dengan harga Rp 13.000,- apabila dijumlahkan akan menghasilkan harga scalpel sebesar Rp 13.600,- untuk satu buah scalpel. Apabila dilihat dari perhitungan, maka sebenarnya pembelian scalpel bila dipasangkan dalam satu paket akan memiliki sedikit selisih harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli satuan.

Harga scalpel tersebut akan lebih murah apabila kita membelinya dalam jumlah satu paket. Dapat pula kita membelinya dalam jumlah satu box. Namun tentunya kita membeli scalpel dengan harga scalpel dan jumlah scalpel yang disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Sebelum kita membeli scalpel dengan harga scalpel tertentu, sebaiknya kita memeriksa terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari scalpel pada setiap merk. Barulah kita tentukan scalpel merk mana yang akan kita pilih untuk dibeli. Sesuaikan juga harga scalpel dengan budget yang kita miliki untuk membeli scalpel tersebut.

Catatan : Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terbaru silahkan hubungi Telp / SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05 BBM : 2AB98F9C atau kunjungi www.tokoalkes.com.



Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • tokoalkes.com; 
  • Buku Kumpulan Kuliah Ilmu Bedah; 
  • wikipedia.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :