Hecting Set Terdiri Dari Peralatan Penjahitan Luka

Hecting set terdiri dari alat-alat yang berfungsi untuk menjahit luka. Alat-alat yang termasuk ke dalam hecting set tersebut memiliki fungsi atau peranan tersendiri. Di dalam satu kemasan atau bak instrumen hecting set terdiri dari sepasang handscoon, needle holder, pinset anatomis dan sirurgis, gunting benang, benang hecting, jarum hecting serta bahan habis pakai seperti spuit, lidokain dan kassa. Hecting set ini menjadi peralatan yang penting untuk tindakan penjahitan luka. Handscoon itu sendiri memiliki peranan sebagai perlindungan terhadap terjadinya infeksi.

Selain itu di dalam hecting set juga terdapat jarum hecting yang bertindak sebagai alat untuk memasukkan benang ke dalam jaringan yang robek. Sedangkan benang berfungsi untuk menyatukan tiap tepi jaringan yang robek dengan melakukan penarikan terhadap benang tersebut. Ada pula needle holder yang berfungsi untuk menyangga jarum jahit atau pemegang jarum jahit. Kemudian terdapat pinset anatomis dan sirurgis yang keduanya berperan sebagai pemegang objek atau jarum hecting atau jaringan. Sedangkan gunting benang berfungsi untuk menggunting benang jahit.



Hecting set terdiri dari peralatan dan bahan habis pakai seperti benang yang digunakan dalam tindakan penjahitan luka. Selain benang bahan habis pakai yang biasanya dilibatkan dalam tindakan penjahitan luka adalah kassa. Kassa berfungsi untuk menekan bagian perdarahan agar darah tidak terus mengalir pada saat dilakukan penjahitan luka. Kassa juga dapat membantu operator atau petugas yang menjahit luka menjadi leluasa untuk melakukan penjahitan karena pandangannya tidak dibatasi oleh adanya perdarahan yang timbul dari luka.

Hecting Set Terdiri Dari Peralatan dan Bahan Penjahitan Luka

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa hecting set terdiri dari peralatan dan bahan untuk melakukan penjahitan luka. Peralatan dan bahan tersebut bersifat steril, artinya sebelum digunakan peralatan dan bahan tersebut harus di sterilkan terlebih dahulu. Hecting set terdiri dari peralatan steril yang digunakan untuk tindakan penjahitan luka yang disimpan dalam suatu bak instrumen.

Hecting set bila kita membelinya di toko alat kesehatan, maka akan tersedia dalam satu paket hecting set. Biasanya di toko-toko alat kesehatan, hecting set termasuk juga ke dalam alat bedah minor atau minor surgery. Sehingga dalam satu paket tersebut tidak hanya berisikan alat-alat hecting set namun juga berisikan alat-alat untuk melakukan bedah minor. Alat-alat yang dimaksud ialah bak instrumen, pinset anatomis, pinset sirurgis, gunting jaringan tajam/tajam, gunting jaringan tajam/tumpul, needle holder, mosquito lurus, mosquito bengkok, kocher lurus, kocher bengkok, scapel handle, pisau bedah, jarum jahit, benang jahit, dan sarung tangan.

Jarum jahit yang terdapat dalam set tersebut juga tidak hanya satu macam. Melainkan terdiri dari beberapa macam seperti jarum nomer 9 dan 11. Begitu juga halnya dengan benang jahit, tidak hanya disediakan satu macam benang jahit. Melainkan terdiri dari beberapa macam benang jahit seperti benang yang dapat diserap dan benang yang tak dapat diserap. Namun di dalam set peralatan tersebut tidak terdapat kassa. Karena biasanya untuk kassa akan dijual secara terpisah. Begitu halnya dengan spuit dan lidokain yang dijual secara terpisah dengan set peralatan tersebut.

Namun bila dibandingkan dengan kita membeli secara satuan bukan satu set, maka harga belinya akan tergolong lebih mahal dibandingkan dengan kita membelinya dalam satu paket. Maka dari itu dianjurkan agar membeli alat hecting set dalam satu paket dibandingkan dengan kita membeli secara terpisah.



Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • bedahminor.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :