Jual Pisau Bedah

Jual pisau bedah menjadi salah satu alat yang dijual di toko-toko alat kesehatan. Jual pisau bedah ini menjadi bagian dari penjualan alat kesehatan lainnya. Pisau bedah ini termasuk ke dalam alat bedah minor maupun mayor. Pisau bedah pada zaman dahulu memiliki model dengan ciri pisau dan gagangnya bersatu. Namun pada masa sekarang ini, pisau bedah memiliki model dengan ciri mata pisau dan gagangnya dapat dipisahkan. Jual pisau bedah juga menjadi bagian terpenting dalam promosi alat-alat bedah minor ataupun alat-alat operasi.



Jual Pisau Bedah
Pisau bedah (bisturi)

Jual Pisau Bedah Minor

Jual pisau bedah minor menjadi salah satu peralatan bedah minor yang dijual di toko-toko alat kesehatan. Jual pisau bedah minor ini tidak hanya mata pisau dan gagangnya saja yang dijual tetapi semua peralatan yang termasuk ke dalam alat bedah minor. Alat-alat yang termasuk ke dalam alat bedah mnior diantaranya ialah pinset anatomis, pinset sirurugis, gunting tajam/tajam, gunting tajam/tumpul, klem lurus, klem bengkok atau mosquito, jarum hecting, benang hecting, dan lain sebagainya. ke semua alat bedah minor tersebut memiliki peranan dan fungsi masing-masing yang saling mendukung dalam tindakan bedah minor.

Di Toko Alkes jual pisau bedah minor dengan berbagai ukuran. Dimulai dari ukuran yang kecil sampai dengan yang besar. Begitu pula dengan gagang pisaunya, dijual dari ukuran yang kecil sampai dengan yang besar. Namun ukuran gagang pisau yang paling sering dibeli ialah ukuran gagang pisau dengan nomor 3. Ukurang gagang pisau dengan nomor 3 merupakan ukuran gagang pisau yang paling sering digunakan dalam tindakan bedah minor.

Apabila dilihat dari penomoran gagang pisau yang digunakan, gagang pisau dengan nomor 4 merupakan ukuran gagang pisau yang lebih besar dan menggunakan mata pisau yang lebih besar dibandingkan dengan gagang pisau dengan nomor 3. Gagang pisau dengan nomor 3 merupakan gagang pisau yang kecil dan menggunakan mata pisau yang kecil juga.

Mata pisau yang digunakan dalam tindakan pembedahan minor. Disesuaikan dengan ukuran atau luasnya daerah yang akan di insisi. Apabila daerah atau area yang akan di insisi tergolong luas, maka sebaiknya menggunakan ukuran mata pisau yang besar biasanya mata pisau dengan nomor 4. Begitu pula sebaliknya apabila area atau daerah yang akan di insisi tergolong ke dalam area yang kecil, maka gunakanlah ukuran mata pisau dengan nomor 3 yang memiliki ukuran mata pisau yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran mata pisau dengan nomor 4.

Jual pisau bedah ini biasanya dipisahkan antara mata pisau dengan gagangnya. Mata pisau disebut juga dengan blade, sedangkan gagang mata pisau disebut juga dengan handle. Dalam praktiknya terkadang ada yang jula pisau bedah satu paket dengan gagang dan mata pisaunya. Biasanya gagang dengan ukuran nomor 3 dipasangkan dengan mata pisau yang berukuran nomor 3 juga. Begitu pula dengan gagang dengan ukuran nomor 4 dipasangkan dengan mata pisau dengan ukuran nomor 4 juga.

Pisau bedah ini sedapat mungkin harus kita kuasai cara memasangkannya, menggunakannya dan cara melepaskannya. Karena dengan mengetahui hal-hal tersebut, kita dapat menggunakan pisau bedah ini dengan benar agar terhindar dari berbagai kesalahan seperti tangan yang tergores terkena pisau bedah tersebut. Perlu diingat, dalam melakukan pemasangan dan pelepasan pisau bedah, tidak boleh menggunakan tangan langsung. Dalam melakukan pemasangan dan pelepasan pisau bedah, harus menggunakan alat bantu yang bernama needle holder. Needle holder ini digunakan untuk memegang mata pisau atau blade saat dipasang ataupun dilepas dari gagang pisau.




Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • Buku kumpulan kuliah ilmu bedah 
  • wikipedia.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :