Klem Arteri Pean

Klem arteri pean ialah klem yang digunakan untuk menjepit pembuluh darah arteri guna menghentikan perdarahn yang bersumber dari pembuluh darah tersebut. Namun klem arteri pean ini khusus digunakan untuk menjepit pembuluh darah kecil. Selain untuk menjepit pembuluh darah kecil, klem arteri pean ni juga digunakan untuk memegang atau menjepit jaringan lainnya tanpa menimbulkan trauma pada jaringan tersebut. Klem arteri pean dengan needle holder memiliki bentuk yang mirip. Namun antara klem arteri dengan needle holder memiliki perbedaan terutama dalam struktur jepitannya.


Klem Arteri Pean
klem mosquito


Pada klem arteri memiliki bentuk jepitan berupa galur lintang paralel di bagian permukaan klem arteri. Selain itu pada klem arteri ini juga memiliki pola jepitan yang panjang sampai dengan bagian handle dari klem arteri. Sedangkan pada needle holder memiliki pola jepitan yang pendek. Klem arteri pada umumnya ada yang berbentuk lurus dan ada yang berbentuk bengkok. Klem arteri yang berbentuk lurus dinamakan dengan klem arteri lurus sedangkan klem arteri yang bengkok lebih dikenal dengan klem mosquito.

Pada klem arteri pean yang memiliki jepitan dnegan bentuk yang halus dan berupa galur lintang paralel, maka pada saat ditutup klem tersebut akan membetuk suatu chanel lingkaran. Pola jepitannya ini memiliki panjang sampai dengan pada handle dari klem arteri tersebut. Hal ini dapat membuat penggunanya untuk menggenggam dengan lebih leluasa dan dengan lebih halus tanpa menimbulkan trauma jaringan. Ukuran dari klem arteri ini pun bervariasi dimulai dari ukuran panjang 14 cm. Pada klem arteri yang berbentuk bengkok atau klem mosquito lebih digunakan untuk membantu pengikatan dari pembuluh darah. Dikarenakan bentuknya yang bengkok tersebut lebih mendukung klem tersebut untuk masuk ke dalam jaringan dan mengikat pembuluh darah. Walaupun klem arteri memiliki bentuk yang mirip dengan needle holder, klem arteri ini tidak cocok untuk digunakan dalam tindakan penjahitan atau memegang jarum karena pola jepitannya yang berbeda.


Cara Menggunakan Klem Arteri Pean

Cara menggunakan klem arteri pean pada umumnya sama dengan menggunakan klem lainnya. Baik klem arteri yang lurus maupun klem arteri yang bengkok cara menggunakannya sama. Klem arteri pean ukurannya lebih besar dibandingkan dengan klem arteri bengkok. cara menggunakan klem arteri pean dilakukan dnegan memaikan ratchet yang terdapat pada bagian pangkal klem tersebut. Ratchet tersebut berada pada bagian handle klem dan berfungsi sebagai pengunci klem pada saat klem tersebut ditutup. Ratchet pada klem tersebut membuat klem dapat menjepit objek dengan lebih kuat. Ratchet tersebut umumnya terdiri dari tiga tingkatan ratchet atau pengunci. Dimana ratchet yang berada paling ujung memiliki kekuatan yang paling kuat dibandingkan dengan tingkatan ratchet lainnya. Maka dari itu jangan menggunakan ratchet paling ujung atau ratchet ketiga sekaligus. Baiknya penggunaan ratchet dumulai dari ratchet yang pertama. Apabila masih dirasakan masih longgar maka dapat dinaikkan satu tahap ke tahap ratchet yang kedua. Apabila masih dirasakan longgar atau kurang kuat maka dapat dinaikkan lagi pada tahap rachet yang ketiga.

Untuk melepaskan ratchet klem tersebut dapat dilakukan dengan cara menekan handle ke dalam sehingga ratchet yang mengunci dapat terbuka. Secara perlahan pisahkan handle dari ratchet sambil membuka kedua bagian tersebut dengan bantuan ibu jari dan jari manis. Ibu jari dan jari manis menunjang agar jari telunjuk dapat digunakan untuk mendukung klem tersebut bekerja dengan baik dan memposisikan jepitan dari klem secara tepat.






Oleh : Bidan Rina
Sumber :

  • wikipedia.org




Terima kasih untuk Like/comment FB :