Macam Benang Dan Jarum Hecting

Macam benang dan jarum hecting perlu diketahui terutama bagi para tenaga kesehatan yang akan melakukan tindakan penjahitan luka. Macam benang dan jarum hecting yang di produksi oleh produsen bermacam ragam. Pembuatan macam benang dan jarum hecting ini disesuaikan dengan fungsi atau kegunaan dari benang dan jarum hecting tersebut. Berbagai ukuran dari jarum hecting pun dibuat, begitu juga dengan berbagai keunggulan dan kekurangan dari benang hecting. Macam benang dan jarum hecting tersebut tentunya dapat mempeermudah kita dalam melakukan tindakan penjahitan luka.


Macam Benang Dan Jarum Hecting
Benang operasi dengan jarum hecting


Macam macam Benang dan Jarum Hecting

Macam macam benang dan jarum hecting yang digunakan untuk tindakan penjahitan luka terdiri dari beberapa macam. Untuk yang pertama kita akan bahas mengenai macam macam benang hecting. Pada dasarnya benang hecting ini dibagi ke dalam beberapa golongan. Diantaranya ada yang digolongkan berdasarkan bahan pembuatnya, ada yang digolongkan berdasarkan sifatnya, dan lain sebagainya. Namun pada umumnya kita mengenal benang hecting yang digolongkan berdasarkan sifatnya yaitu benang hecting yang dapat diserap oleh kulit atau jaringan dan benang hecting yang tak dapat diserap oleh kulit atau jaringan.

Benang hecting yang dapat diserap oleh kulit atau jaringan ini digolongkan juga berdasarkan bahan pembuat benang tersebut, yaitu benang hecting yang terbuat dari bahan alami dan benang hecting yang terbuat dari bahan sintetis. Begitu pula dengan benang hecting yang tak dapat diserap oleh kulit atau jaringan. Benang tersebut digolongkan juga berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu benang yang terbuat dari bahan alami dan benang yang terbuat dari bahan sintetis.

Apabila dilihat dari benang yang dapat diserap oleh kulit atau jaringan, contohnya ialah benang catgut, benang vicryl dan benang dexon. Benang catgut merupakan benang yang dapat diserap dan terbuat dari bahan alami. Sedangkan benang vicryl dan dexon merupakan benang yang dapat diserap dan terbuat dari bahan sintetis atau buatan. Benang catgut merupakan benang alami yang terbuat dari usus sapi atau domba. Benang catgut ini terdiri dari benang chromic catgut dan benang plain catgut. Benang chromic catgut dan benang plain catgut walaupun sama-sama terbuat dari bahan alami namun keduanya berbeda karena daya serap dari kedua jenis benang tersebut berbeda. Pada benang plain catgut memiliki daya serap pengikat selama kurang lebih 10 hari sedangkan pada benang chromic catgut memiliki daya serap pengikat selama kurang lebih 28 hari. Benang chromic catgut memiliki daya waktu pengikat lebih lama dibandingkan dengan plain catgut dikarenakan pada benang chromic catgut mengandung chromium yang dapat memperlambat waktu penyerapan benang tersebut.

Selanjutnya untuk benang yang tidak dapat diserap oleh kulit atau jaringan contohnya ialah benang silk, benang prolone dan ethilone. Beang silk merupakan benang yang tak dapat diserap oleh kulit atau jaringan dan terbuat dari bahan alami. Sedangkan benang prolone dan benang ethilone merupakan benang yang tak dapat diserap dan terbuat dari bahan sintetis atau buatan. Benang black silk merupakan benang yang tak dapat diserap alami yang paling banyak digunakan dalam tindakan penjahitan luka. Benang black silk ini menjadi benang monofilamen terbaik. Benang ini halus dan menghasilkan reaksi jaringan yang sedikit. Namun dibalik keunggulannya tersebut terdapat kekurangan bahwa benang tersebut sulit untuk diikat sehingga dapat membuat jahitan menjadi terbuka. Tetapi untuk mengatasi kekurangan dari benang black silk tersebut dapat ditanggulangi dengan menggunakan teknik pengikatan benang tertentu. Teknik tersebut ialah dengan menggulung benang atau mengikat benang tersebut dengan menambah lilitan.

Sedangkan untuk jarum hecting sendiri terdiri dari jarum otot dan jarum kulit. Tetapi apabila dilihat dari ujung jarumnya terdapat jarum hecting dengan ujung jarum bulat, berbentuk segitiga ataupun dengan ujung yang berbentuk gepeng.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • c11104066.blogspot.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :