Macam macam Gunting Medis

Macam macam gunting medis yang biasanya digunakan dalam tindakan pembedahan bermacam-macam. Gunting medis ada yang termasuk ke dalam alat bedah yang merupakan alat penunjang dalam melakukan tindakan pembedahan. Macam macam gunting medis tersebut harus tersedia saat melakukan tindakan tersebut. Karena setiap macam-macam gunting medis tersebut mempunyai fungsinya tersendiri. Artinya satu gunting tidak dapat digunakan untuk beberapa fungsi. Misalnya saja gunting jaringan yang khusus digunakan untuk menggunting bagian jaringan saja. Sedangkan untuk fungsi yang lainnya dilakukan oleh gunting medis yang lainnya.


Macam macam Gunting Medis dalam Kedokteran

Macam macam gunting medis dalam kedokteran terdiri dari berbagai gunting medis. Macam macam gunting medis yang kita kenal salah satunya ialah gunting jaringan. Gunting jaringan merupakan salah satu dari macam macam gunting medis. Gunting jaringan ini biasanya disebut juga dengan gunting bedah. Gunting jaringan atau gunting bedah ini pada dasarnya memiliki dua bentuk yaitu gunting bedah atau gunting jaringan yang berbentuk ujung tumpul dan gunting bedah atau gunting jaringan yang berbentuk ujungnya bengkok. gunting jaringan dengan ujungnya yang berbentuk tumpul biasanya digunakan untuk membentuk jaringan yang lembut atau bidang jaringan, keduanya ini masih dapat dipotong secara tajam. Sedangkan pada gunting jaringan dengan ujungnya yang bengkok terbuat dari logam datar yang sengaja dibuat oleh para ahli logam. Gunting jaringan atau gunting bedah ini biasanya digunakan pada tindakan pemotongan atau pengguntingan kista atau lipoma. Cara melakukan pengguntingan dengan menggunakan gunting jaringan atau gunting bedah ini ialah dengan cara gunting tersebut menyusuri batasa yang terdapat pada lesi. Diusahakan dalam melakukan pengguntingan atau pemotongan ini jangan sampai melebihi batas lesi. Apabila pengguntingan atau pemotongan dengan menggunakan gunting jaringan ini melebihi batas lesi maka dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Selain dapat digunakan untuk menggunting kista atau lipoma, gunting jaringan atau gunting bedah ini juga dapat digunakan untuk menggunting bagian tubuh lain seperti jantung, usus, dan pembuluh darah.

Macam macam gunting medis lainnya ialah gunting benang. Gunting benang memiliki nama lain yaitu dressing scissors. Gunting benang ini sesuai dengan namanya di design untuk menggunting benang. Gunting benang memiliki ciri dengan bentuk yang lurus dan ujung gunting yang tajam. Gunting ini harus secara khusus digunakan untuk menggunting benang saja. Dengan bentuknya yang lurus dan tajam memungkinkan gunting benang untuk dapat mengangkat benang dengan cara diselipkan pada bagian luka yang sudah kering. Benang dapat digunting dengan bagian ujung dari gunting benang tersebut. Namun pada saat melakukan pengguntingan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Usahakan pada saat melakukan pengguntingan benang jangan samapi ujung gunting keluar dari jahitan sehingga dapat beresiko untuk dapat memotong struktur lain.

Macam macam gunting medis lainnya ialah gunting perban. Gunting perban mempunyai bentuk yang sama dengan gunting episiotomi. Namun keduanya berbeda, karena pada gunting perban pada salah satu ujung guntingnya memiliki tonjolan. Gunting benang memiliki ujung gunting yang tumpul. Tonjolan atau kepala kecil pada gunting perban tersebut memudahkan penggunanya dalam melakukan pengguntingan perban. Gunting perban itu sendiri terdiri dari gunting knowles dan lister. Pada bagian dasar gunting perban memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan bagian lainnya. Hal ini dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan pemotongan perban. Gunting perban dnegan ujung yang tumpul dapat meminimalisir resiko kecelakaan yang dapat terjadi.



Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • experianzadoctor.blogspot.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :