Pengertian Gunting

Pengertian gunting adalah alat yang digunakan untuk memotong objek lainnya. Objek lainnya yang dimaksud dapat berupa benda ataupun bagian atau organ dari makhluk hidup. Pengertian gunting ini merupakan pengertian secara umum. Namun dalam dunia medis, gunting ini diartikan sebagai alat untuk memotong jaringan ataupun benda lain yang mendukung tindakan medis yang dilakukan. Pengertian gunting lainnya mengartikan bahwa gunting sebagai alat pemotong baik benda lain yang sifatnya lebih lunak dibandingkan dengan gunting itu sendiri. Gunting memiliki ketajaman pada setiap sisi gunting sehingga mampu memotong benda dengan rapih sesuai pola yang dikehendaki.



Pengertian Gunting dalam Tindakan Medis

Pengertian gunting dalam tindakan medis diartikan sebagai alat pemotong jaringan ataupun benda lainnya seperti kassa atau plester yang mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan tindakan medis. Terdapat beberapa pengertian gunting dalam tindakan medis yang disesuaikan dengan jenis gunting itu sendiri. Diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Pengertian Gunting Medis

Gunting medis ialah alat yang digunakan untuk memotong jaringan, benang, balutan luka dan objek lainnya yang berhubungan dengan tindakan medis yang dilakukan. Gunting medis ini terdiri dari beberapa jenis diantranya gunting benang, gunting bedah, gunting verban, dan lain sebagainya.

  • Pengertian Gunting Bedah

Gunting bedah ialah alat yang digunakan untuk memotong jaringan. Gunting bedah yang paling sering digunakan ialah gunting mayo. Disamping gunting mayo terdapat jenis gunting bedah yang lainnya yaitu gunting metzenbaum. Gunting mayo mempunyai ciri dengan bentuk yang lurus atau melengkung pada bagian mata guntingnya. Sedangkan gunting metzenbaum memiliki ciri gunting dengan ukuran yang lebih panjang ukurannya dibandingkan dengan gunting mayo. Selain itu bagian dari gunting metzenbaum yang paling sering digunakan ialah bagian lengkungan pda ujung gunting.

  • Pengertian Gunting Benang

Gunting benang ialah alat pemotong yang digunakan untuk menggunting benang pada saat penjahitan luka ataupun pengangkatan jahitan. Gunting benang ini biasanya berbentuk lurus dengan ujung yang tajam. Selain itu terdapat gunting benang dengan bentuk salah satu ujung gunting benang tersebut terdapat lekukan yang dapat digunakan untuk mengaitkan benang pada saat benang tersebut akan digunting.

  • Pengertian Gunting Verban

Gunting verban atau gunting plester ialah alat pemotong yang digunakan untuk memotong verban atau plester. Gunting verban ini memiliki mata pisau yang datar serta ujungnya yang tumpul. Bentuknya yang datar inilah yang menndukung gunting tersebut untuk dapat disispkan pada bagian bawah balutan tanpa merusak atau melukai kulit yang berada di bawahnya. Gunting verban ini bersifat tidak steril karena jarang di sediakan di bak instrumen steril beserta alat steril lainnya. Namun bila gunting verban ini akan digunakan untuk menggunting balutan yang masih basah, maka gunting tersebut perlu di sterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Itulah pengertian gunting dalam tindakan medis berdasarkan jenis gunting itu sendiri. Gunting ini menjadi peralatan yang paling penting dalam mendukung tindakan medis. Dengan menggunakan gunting ini akan menghasilkan potongan yang lebih rapih dibandingkan dengan menggunakan pisau. Selain itu pemotongan dengan menggunakan gunting tidak akan membutuhkan waktu lama dibandingkan dengan menggunakan pisau. Namun kadangkala meenggunakan gunting ini terbatas pada bagian tertentu saja, tidak seleluasa seperti menggunakan pisau. Semua gunting dalam tindakan medis terbuat dari bahan anti karat seperti bahan stainless steel. Sehingga gunting tersebut dapat digunakan kembali setelah di sterilkan.





Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • sumber-alkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :