Scalpel Adalah Bagian Dari Alat Bedah

Scalpel adalah alat untuk mengiris yang berfungsi sebagai pisau. Scalpel adalah bagian dari alat bedah. Scalpel adalah mata pisau beserta pegangannya yang digunakan dalam tindakan pembedahan. Scalpel ini terdiri dari 2 bagian yaitu bagian mata pisau dan bagian gagang pisau. Bagian mata pisau disebut juga dengan blade, sedangkan bagian dari gagang pisau disebut juga dengan handle. Scalpel pada zaman dahulu mempunyai model dimana gagang pisau dan mata pisaunya bersatu dan tidak dapat dipisahkan. Sedangkan pada masa sekarang ini scalpel dapat dipisahkan atau antara mata pisau dan gagang pisaunya dapat dipisahkan.

Scalpel adalah alat yang sering digunakan dalam tindakan bedah minor. Scalpel adalah alat yang digunakan untuk mengiris atau menginsisi jaringan. Bentuk dari scalpel itu sendiri bermacam-macam. Scalpel ini mempunyai beberapa model, bentuk dan ukuran yang bervariasi. Dimulai dari ukuran scalpel yang kecil sampai dengan scalpel yang berukuran besar. Penggunaan berbagai ukuran scalpel ini digunakan bergantung pada luasnya area yang akan diiris atau diinsisi.

Informasi harga dan pembelian alat bedah minor klik disini

scalpel adalah
Scalpel / bisturi holder (gagang pisau bedah)


Scalpel Adalah Bagian Dari Alat Bedah Minor

Scalpel adalah bagian dari alat bedah minor. Scalpel adalah alat yang berbentu seperti mata pisau kecil. Scalpel adalah alat yang mempunyai fungsi untuk menginsisi atau mengiris kulit serta memotong jaringan. Karena bentuknya yang tajam, scalpel ini dapat dengan mudah digunakan untuk menginsisi kulit atau jaringan yang akan dilakukan pembedahan.

Dalam tindakan bedah minor, scalpel adalah alat yang penting dan harus tersedia saat dilakukan tindakan bedah minor. Dapat dikatakan bahwa scalpel dalam tindakan bedah minor memiliki peranan yang utama dalam tindakan ini. Dalam tindakan bedah minor, scalpel digunakan sedemikian rupa agar menghasilkan irirsan atau insisi yang baik. Agar dapat menghasilkan insisi yang baik, maka penggunaan scalpel pun harus dilakukan dengan benar. Cara memakai scalpel dengan benar dapat dilakukan dengan cara scalpel dipegang secara erat. Kemudian scalpel tersebut diposisikan pada sudut 30 derajat sampai dengan 40 derajat dari garis irisan yang akan dibedah. Setelah itu ibu jari tangan kita posisikan pada tempat di bagian sebelah lateral dari batang scalpel. Kemudian pada jari manis dan jari tengah diposisikan pada bagian sebelah ventral dan lateral dari batang scalpel. Dan pada bagian jari telunjuk diposisikan pada bagian punggung pisau agar dapat mengontrol arah dari irisan serta mengontrol dalamnya irisan. Dengan cara demikian, maka akan menghasilkan hasil irisan atau insisi yang rapi dan sesuai dengan tindakan yang dilakukan.

Selain kita menguasai cara menggunakan scalpel. Kita juga harus menguasai bagaimana cara memasangkan pisau atau blade pada pegangannya. Cara memasangkan pisau pada pegangannya harus kita ketahui agar tidak menimbulkan kesalahan saat pemasangan pisau dilakukan. Seperti tangan yang terluka akibat terkena mata pisau. Cara memasang scalpel dilakukan dengan cara memegang bagian dari tumpul pisau dengan menggunkan neddle holder. Kemudian pisau yang dipegang oleh needle holder dihubungkan dengan lubang yang terdapat pada area tersebut yaitu pada bagian lidah dari pegangan sampai terdengar bunyi klik. Adanya bunyi klik yang terdengar dari mata pisau yang dihubungkan pada pegangannya, menandakan bahwa pisau tersebut telah terkunci pada pegangannya.

Selain menguasai cara memasang pisau pada pegangannya, kita juga harus menguasai cara pelepasan dari mata pisau pada pegangannya. Cara melepaskan pisau dari pegangannya pun dilakukan dengan bantuan alat lain yang bernama needle holder. Cara melepaskannya dilakukan dengan needle holder memegang bagian ujung pisau kemudian lepaskan pisau dari bagian lidah pegangannya. Setelah itu, mata pisau yang telah digunakan dibuang ke dalam tempat sampah tajam. Sedangkan untuk pegangannya dapat kita sterilkan untuk dapat digunakan kembali.




Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • fungsialat.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :