Gunting Mayo (Minor Surgery Set)

Gunting mayo adalah salah satu alat yang ada dalam Minor Surgery Set atau minor set. Satu paket minor set berisi alat-alat yang dipakai untuk prosedur bedah minor. Gunting mayo juga termasuk dalam alat-alat untuk bedah mayor atau operasi besar karena fungsinya yang sangat penting. Kita bisa membeli gunting mayo dalam satu paket minor set atau membeli satuan. Mahasiswa kedokteran biasanya memiliki satu minor set pribadi sebagai alat latihan. Minor set ini pun harus ada di klinik-klinik kesehatan untuk melakukan tindakan pembedahan kecil seperti sirkumsisi (sunat) ataupun prosedur penjahitan luka. Berikut ini adalah tabel yang menjabarkan alat-alat yang ada dalam satu minor set.


gunting mayo
Mosquito Lurus
Minor surgery set terdiri dari :

Nama Alat
Jumlah
Klem lurus
2 buah
Klem bengkok
2 buah
Pinset jaringan
1 buah
Pinset anatomis
1 buah
Gunting TA/TU bengkok
1 buah
Gunting TA/TU lurus
1 buah
Skalpel
1 buah
Bisturi
1 buah
Needle holder
1 buah
Sarung tangan
1 pasang
Plain Catgut atau Silk
1 buah
Needle hecting
1 lusin
Bak stainless
1 buah


Spesifikasi Gunting Mayo

Gunting digunakan untuk menggunting tergantung spesifikasi guntingnya. Setiap gunting yang dipakai dalam prosedur medis memiliki fungsi yang berbeda-beda, termasuk gunting mayo. Semua gunting yang digunakan untuk tindakan medis dibuat dari bahan stainless steel sehingga bersifat antikarat dan dapat digunakan berulang-ulang setelah sebelumnya disterilisasi terlebih dahulu. Berikut ini spesifikasi masing-masing gunting yang digunakan dalam operasi:

1. Gunting Benang
Gunting ini digunakan untuk menggunting benang jahit saat menjahit luka operasi. Sama seperti benang lain, panjang gunting ini 14 cm. Gunting benang ada yang lurus dan ada juga yang bengkok, dengan ujung lancip. Gunting ini khusus dibuat untuk menggunting benang dan bukan untuk menggunting jaringan tubuh. Gunting ini mesti digunakan dengan hati-hati agar jaringan tubuh yang dijahit tidak ikut terpotong bersama benang. Ada juga gunting up-hecting atau gunting untuk mengangkat jahitan luka yang sudah kering. Gunting ini memiliki bentuk yang unik, yaitu adanya lekukan di salah satu sisi gunting yang digunakan untuk mengangkat benang.

2. Gunting Bedah
Gunting mayo termasuk dalam jenis gunting bedah. Gunting mayo ada yang memiliki mata gunting lurus dan ada yang melengkung. Gunting mayo dengan mata gunting melengkung seringnya digunakan untuk menggunting jaringan yang liat seperti otot dan tendon. Ada juga jenis gunting bedah yang bernama gunting Metzenbaum. Gunting ini ukurannya lebih panjang dan terdapat lengkungan halus di ujungnya.

3. Gunting Perban
Sesuai namanya, gunting jenis ini digunakan untuk menggunting perban sehingga bentuknya pun menyesuaikan. Gunting ini punya mata gunting yang datar dan berujung tumpul sehingga bisa disisipkan di antara perban dan kulit tanpa takut melukai luka. Alat ini jarang ditemui di meja operasi dan lebih banyak dilihat di poli bedah atau di bangsal perawatan pasien. Sebelum digunakan untuk membuka balutan perban pasien, ada baiknya gunting ini disterilkan terlebih dahulu agar terbebas dari kuman dan tidak menginfeksi luka yang telah kering, terutama bila luka pasien adalah luka terbuka.

4. Gunting untuk fungsi umum
Gunting ini punya kedua ujung yang tumpul dan dapat digunakan juga untuk menggunting benang saat operasi. Gunting dengan ujung yang tumpul ini lebih aman bila digunakan untuk menggunting jaringan dibandingkan dengan yang ujungnya runcing. Hati-hati saat menggunakan gunting ini karena kedua ujungnya runcing sehingga dapat melukai organ-organ.



Oleh: dokter Rifa
Editor: Adrie Noor
Sumber:  tokoalkes.com, repository.usu.ac.id, alatbedahminor.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :