Benang Jahit Operasi Alami dan Sintetis

Benang jahit operasi merupakan benang yang digunakan pada saat prosedur operasi untuk penjahitan luka. Jenis benang jahit operasi yang dapat digunakan terdiri dari berbagai macam. Benang jahit operasi disebut juga sebagai benang hecting. Benang jahit operasi pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu benang jahit operasi yang dapat terserap atau absorbable suture dan benang jahit operasi yang tidak dapat diserap atau non-absorbable suture. Benang jahit operasi absorbable suture terdiri dari sebagai berikut:


benang jahit operasi
Benang Catgut


Benang Jahit Operasi Absorbable Suture Benang Alami

Benang jahit yang dapat diserap yang terbuat dari bahan alami contohnya adalah catgut chromic dan catgut plain. Jenis benang operasi catgut chromic terdiri dari berbagai macam. Salah satu contohnya catgut chromic 3/0. Benang operasi catgut chromic ini cocok digunakan untuk menjahit bagian tubuh yang tertutup seperti penjahitan luka robekan perineum bagi ibu melahirkan dan untuk luka khitan dan kurang cocok untuk penjahitan estetika seperti digunakan pada wajah atau pada anak kecil, hal tersebut dikarenakan ukuran benang yang cukup besar dapat mengakibatkan bekas luka yang terlihat jelas. Benang catgut chromic 3/0 merupakan jenis benang yang memiliki ukuran benang yang tebal, angka 3/0 tersebut menunjukkan ketebalan benang tersebut, ukuran 3/0 lebih kecil dibandingkan ukuran 2/0 dan lebih besar dibandingkan dengan ukuran 4/0.

Selain benang operasi catgut chromic terdapat benang operasi lainnya seperti plain dan silk. Benang operasi plain merupakan jenis benang operasi yang terbuat dari kolagen sapi dan domba sama seperti catgut chromic. Namun, perbedaan antara benang operasi plain dan catgut chromic yaitu pada waktu absorpsinya, catgut chromic membutuhkan waktu absorpsi selama 90 hari sedangkan benang operasi plain membutuhkan waktu selama 70 hari. Kedua benang ini dapat terserang sempurna oleh jaringan, sedangkan benang operasi silk merupakan benang operasi yang tidak dapat diserap oleh jaringan tubuh sehingga apabila luka telah sembuh harus dilakukan pengangkatan benang. Cara pengangkatan benang operasi silk disesuaikan dengan teknik penjahitan luka yang dilakukan. Untuk membedakan antara benang operasi yang dapat diserap dan yang tidak dapat diserap dapat dibedakan secara kasat mata dengan melihat warna benang tersebut. Warna yang dimiliki benang operasi yang mudah diserap memiliki warna kecokelatan sedangkan benang operasi yang tidak dapat diserap memiliki warna kehitaman.

Benang Jahit Operasi Absorbable Suture Benang Buatan

Benang jahit yang dapat diserap terbuat dari bahan sintetis yaitu benang-benang yang terbuat dari bahan sintetis seperti polyglactin, polyglycapron dan polydioxanone. Benang operasi jenis ini memiliki daya ikat lebih lama yaitu 2-3 minggu dan membutuhkan waktu penyerapan secara sempurna selama 90-120 hari, sedangkan untuk benang jahit non-absorbable suture atau benang jahit operasi yang tidak dapat diserap terdiri dari sebagai berikut:

Benang Jahit Operasi Non-Absorbable Suture Benang Alami
Benang operasi tidak dapat diserap yang terbuat dari bahan alami yaitu silk atau sutera yang terbuat dari fibroin yang termasuk kedalam jenis protein organik. Jenis benang operasi ini mengandung serabut sutera yang merupakan hasil produksi dari ulat sutera.

Non-absorbable suture benang buatan
Benang buatan yang tidak dapat diserap ini terbuat dari bahan dasar nylon, polyester dan polypropylene.

Untuk penggunaannya, benang jahit operasi untuk penjahitan luka biasanya dibedakan dari jenis benang dan area jaringan yang digunakan. Perbedaan jenis benang operasi lainnya terutama pada ketebalan dan bahan benang jahit operasi tersebut.



Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: alatbedahminor.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :