Harga Benang Plain Catgut di Toko Alkes

Harga benang plain catgut di toko-toko alkes sangat bervariasi meskipun tidak jauh berbeda. Pengelola fasilitas kesehatan klinik atau rumah sakit mesti tahu harga benang operasi, termasuk harga benang plain catgut karena mesti menyuplai benang untuk berbagai keperluan praktik klinis sehari-hari. Benang termasuk jenis plain catgut diperlukan untuk menjahit luka, baik luka kecil maupun luka besar saat operasi. Jenis-jenis benang pun ada banyak dengan merek yang berbeda sehingga harganya pun berbeda-beda. Harga benang plain catgut pun bisa berbeda tergantung merek dan akan lebih mahal bila dilengkapi dengan jarum dalam satu kemasan.




harga benang plain catgut
Needle Holder


Harga Benang Plain Catgut di Toko Alkes

Penggunaan benang untuk menjahit luka disesuaikan dengan jenis jaringan tubuhnya dan perkiraan lama penyembuhan suatu luka. Benang catgut adalah benang yang dibuat dari kolagen sapi atau domba karena terbuat dari kolagen sapi atau domba, benang ini dapat diserap oleh tubuh atau bahasa medisnya adalah absorbable. Benang yang bisa diserap tubuh tidak perlu diambil benangnya saat luka telah sembuh karena telah terserap sendiri oleh tubuh. Lama rata-rata waktu benang catgut hingga diserap oleh tubuh adalah sekitar dua hingga tiga minggu. Jenis benang catgut ada yang chromic dan ada yang plain. Jenis yang chromic lebih lama terserap oleh tubuh dibandingkan dengan benang plain. Benang chromic memiliki kandungan garam chromium yang membuat benang menjadi lebih kuat dan tidak mudah putus, juga menyebabkan benang ini lebih lama diserap tubuh.

Sistem penomoran benang biasanya menggunakan sistem metrik atau sistem tradisional. Sistem metrik menggunakan parameter diameter benang dalam ukuran per-sepuluh milimeternya. Misal saja benang tersebut berukuran 3 berarti benang itu memiliki diameter 0.3 mm. Semakin besar angka maka akan semakin besar diameter benangnya. Hal ini berbeda dengan penomoran menggunakan sistem tradisional. Diameter benang dituliskan dalam bentuk 0/0, 1/0, 2/0, dan seterusnya. Semakin besar angka yang tercantum, maka akan semakin kecil diameternya. Dengan demikian, benang dengan ukuran 0/0 adalah benang yang diameternya paling besar di antara yang lain. Benang yang sangat tipis seperti ukuran 6/0 umumnya digunakan untuk menjahit wajah karena kulitnya sangat tipis. Ukuran 2/0 dan 3/0 adalah ukuran yang paling banyak digunakan untuk menjahit luka, termasuk luka operasi.

Toko Alkes merupakan salah satu toko alat kesehatan yang menjual benang plain catgut dengan berbagai merek. Anda bisa membelinya dengan datang ke tokonya langsung di Jalan Pasar Kaliki No. 239 B, yang terletak di seberang Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Anda juga bisa membeli benang plain catgut di website-nya di www.tokoalkes.com. Harga benang plain catgut di toko Alkes yaitu Rp264.000,00 untuk merek Sinopharm dengan spesifikasi sebagai berikut:
  • Ukuran benang 3/0;
  • Kemasan per box isi 24 buah (sachet);
  • Panjang benang 75 cm dan dilengkapi dengan jarum;
  • Masa kadaluarsa lima tahun sejak tanggal produksinya;
  • Ukuran jarum ½ circle round bodied 26 mm.

Harga benang plain catgut dengan diameter 2/0 juga memiliki harga yang sama dengan yang ukuran 3/0 di atas. Selain merek Sinopharm, Toko Alkes juga menjual benang plain catgut dengan merek   OneMed. Bedanya adalah, benang plain OneMed tidak dilengkapi dengan jarum sehingga harga benang plain catgut satu ini lebih murah, yaitu Rp108.000, 00. Tersedia juga ukuran 2/0 dan 3/0. Benang OneMed per boksnya berisi 12 buah benang dengan panjang 150 cm dan tanpa jarum.



Oleh: dokter Rifa
Editor: Adrie Noor
Sumber: tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :